Ini Alasan Penyelesaian Sengketa Arbitrase Menjadi Populer di Dunia Bisnis

Penyelesaian Sengketa Arbitrase

Penyelesaian Sengketa Arbitrase

Penyelesaian Sengketa Arbitrase

Proses persidangan arbitrase lebih fleksibel, dan seringkali disebut “peradilan swasta”.

Di tengah tren pasar bebas saat ini, sengketa komersial menjadi salah satu konsekuensi yang tak terhindarkan. Pelaku usaha, khususnya ketika berinteraksi bisnis dengan pelaku usaha lain dari negara berbeda seringkali memilih forum arbitrase sebagai jalur penyelesaian sengketa di antara mereka.

Arbitrase menjadi pilihan penyelesaian sengketa yang sangat populer di dunia bisnis karena memiliki sejumlah kelebihan. Pertama, arbitrase dianggap sebagai cara penyelesaian sengketa komersial yang efektif. Salah satu ukuran efektivitas itu adalah karena penyelesaian di arbitrase bersifat rahasia.

Pelaku usaha lebih senang jika sengketa yang membelitnya tidak diungkap ke publik karena sengketa dapat berdampak pada citra perusahaan yang mungkin berakhir pada berkurangnya pendapatan.

Arbitrase dianggap sebagai cara penyelesaian sengketa yang efisien.

Penyelesaian Sengketa Arbitrase

Penyelesaian Sengketa Arbitrase

Terdapat dua bentuk efisiensi yang diperoleh jika memilih penyelesaian sengketa di arbitrase, yakni efisien biaya dan waktu.

Dengan menempuh jalur arbitrase, perusahaan akan menghemat biaya. Sebab, mereka tak perlu menghabiskan uang untuk menyewa lawyer di berbagai tingkat peradilan. Di samping itu, biaya arbitrase transparan sehingga sejak awal sudah dapat mengetahui berapa biaya yang harus dikeluarkan. Dari segi waktu, proses penyelesaian sengketa melalui arbitrase juga lebih singkat dibandingkan proses di pengadilan.

Di luar kelebihannya, arbitrase sebenarnya sempat dihindari oleh para pelaku usaha yang bersengketa. Kala itu, mereka takut jika menyelesaikan sengketa di arbitrase, putusan yang dihasilkan tidak dapat di eksekusi. Padahal sebenarnya tidak ada aturan atau prosedur di negara manapun yang menghambat eksekusi putusan arbitrase. Namun masih banyak yang belum memahami hal itu. Akibatnya, hasil keputusan arbitrase sebelumnya dianggap tidak kuat secara hukum.

Intinya, penyelesaian sengketa melalui arbitrase saat ini semakin banyak dipilih oleh perusahaan. Tentunya, secara langsung, penyelesaian sengketa arbitrase juga mengurangi beban pengadilan di Indonesia yang masih dipusingkan dengan masalah tumpukan perkara.

Ingin lebih jauh berkonsultasi mengenai penyelesaian sengketa arbitrase, segera menghubungi kami: ask@bplawyers.co.id atau HP: +62821 1000 4741

bplawyers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*