4 Keuntungan Investasi Saham yang Wajib Anda Pahami

Sebelum membahas tentang keuntungan melakukan investasi saham, ada baiknya kita mengenal apa itu saham terlebih dahulu. Secara sederhana, saham adalah surat berharga yang menunjukkan kepemilikan suatu perusahaan baik keseluruhan atau sebagian. Jika Anda memiliki saham suatu perusahaan, hak mendapatkan bagi hasil atau dividen dari akhir tahun bisa didapatkan.

Nah, untuk mengenal lebih jauh tentang saham terutama keuntungan yang ditawarkan, simak ulasannya di bawah ini.

  1. Modal yang Dibutuhkan Tidak Terlalu Banyak

Saat melakukan investasi langsung atau mendirikan perusahaan, Anda akan membutuhkan modal yang sangat besar. Bahkan jumlah bisa mencapai miliaran rupiah. Bagi yang memiliki modal besar, situasi semacam ini mungkin tidak akan memberatkan. Namun, mereka yang modalnya pas-pasan tidak akan bisa melakukan apa-apa.

Sedikit berbeda dengan investasi konvensional, investasi saham tidak mematok harga yang terlampau mahal. Beberapa perusahaan besar menjual surat saham dengan harga yang relatif murah. Ada yang satu lembar hanya Rp10.000 bahkan bisa kurang. Anda bisa melakukan investasi saham dengan membeli surat-surat berharga itu degan modal mungkin Rp100.000 saja.

  1. Investasi Bisa Dilakukan oleh Siapa Saja

Investasi konvensional menuntut Anda untuk memiliki modal yang lebih banyak dan juga keahlian yang optimal. Tanpa ‘modal’ yang cukup, perusahaan atau bisnis yang dibangun tidak bisa berjalan dengan lancar. Bahkan kemungkinan mengalami kebangkrutan lebih besar kalau tidak diimbangi dengan SDM yang mumpuni dan target pasar yang tepat.

Investasi saham tidak demikian, yang perlu dilakukan oleh calon pemilik saham adalah membelinya. Sedikit atau banyaknya surat berharga yang dimiliki akan memengaruhi keuntungan yang didapatkan. Kalau perusahaan berkembang dengan pesat, keuntungan yang didapatkan juga berlipat-lipat.

Investasi ini bisa dilakukan oleh siapa saja mulai dari PNS, pegawai swasta, mahasiswa, dan anak sekolahan. Untuk mendapatkan keuntungan yang berlipat, calon pembeli saham harus bisa memilih perusahaan yang kemungkinan untungnya tinggi. Jangan memilih perusahaan yang tidak berkembang atau produknya sudah tidak diminati lagi oleh pembeli. Beberapa perusahaan yang kemungkinan akan terus berkembang biasanya datang dari sektor properti atau perbankan.

  1. Keuntungan yang Didapatkan Berlipat dengan Cepat

Salah satu pemicu terbesar mengapa banyak masyarakat mau investasi saham adalah keuntungan yang didapatkan. Saham yang dimiliki bisa naik hingga puluhan kali lipat setiap tahun sehingga keuntungan yang didapatkan juga ikut berlipat.

Misal Anda membeli saham Bank A yang per lembarnya sekitar Rp250. Dalam jangka waktu 10 tahun, harga sahamnya menjadi Rp15.000. Selama 10 tahun, kenakan sahamnya mencapai 60 kali lipat. Keuntungan ini didapatkan dari 1 saham saja, coba bayangkan kalau Anda membeli ribuan saham. Untungnya bisa puluhan hingga ratusan juta.

Keuntungan yang berlipat-lipat ini tidak bisa didapatkan dari investasi jenis lain. Jadi, kalau ingin investasi yang peluang untungnya tinggi, lakukan pembelian saham.

  1. Mudah Dijual Lagi dan Dapat Dividen

Likuiditas dari saham sangat tinggi sehingga bisa dengan mudah diperjualbelikan di bursa saham. Dengan kemampuan ini, Anda bisa menjual saham kalau harganya naik atau membeli saham lagi jika harganya sedang turun.

Selain mudah diperdagangkan di bursa saham, Anda akan mendapatkan dividen setiap tahun. Perusahaan yang sahamnya Anda miliki akan memberikan pembagian laba secara merata sesuai dengan jumlah surat berharga yang dimiliki. Semakin banyak saham yang dimiliki, dividen yang didapat semakin besar.

Inilah empat keuntungan investasi saham yang wajib Anda pahami. Jadi, kapan Anda mulai melakukan investasi?

Baca Juga : Perkembangan Dan Manfaat Investasi Asing di Indonesia

ANDA INGIN BERKONSULTASI TENTANG HUKUM BISNIS DAN INVESTASI, SEGERA BICARAKAN DENGAN KAMI. KAMI AKAN MENJAWABNYA SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI:

Site : Bp Lawyers

E: ask@bplawyers.co.id

H: +62821 1000 4741

bplawyers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*