Mengulas Dampak Pelanggaran Hak Cipta Secara Saksama; Seberapa Besar Bahayanya?

Mengulas Dampak Pelanggaran Hak Cipta Secara Saksama; Seberapa Besar Bahayanya?

Revolusi teknologi yang dibarengi dengan keleluasaan memperoleh informasi secara bebas sejak akses internet tersedia bagi khalayak umum bak memiliki dua sisi mata pisau dalam hal penggunaannya. Di satu sisi, kebebasan ini mampu memancing kreativitas dan memperkaya referensi demi menciptakan berbagai inovasi baru.  Sementara di sisi lain, keterbukaan ini juga meningkatkan risiko terjadinya plagiarisme dan mengaburkan orisinalitas dari sebuah karya.

Masalah plagiarisme bukan persoalan sepele karena hal ini berkaitan langsung dengan hukum mengenai kekayaan intelektual yang diatur di dalam undang-undang. Untuk membuat Anda memahami lebih jauh seputar dampak pelanggaran hak cipta, berikut kami ulas secara saksama beberapa poin penting yang menggambarkan bahaya dari tindakan ini.

  1. Risiko Hukum yang Jelas

Hukum mengenai tindakan plagiarisme telah diatur dalam pasal pelanggaran hak cipta yang disahkan sejak tahun 2002. Pasal tersebut dengan jelas telah mencantumkan ancaman hukuman penjara mulai dari satu bulan hingga lima tahun serta denda sebanyak lima ratus juta hingga lima miliar rupiah. Karena masa hukumannya tidak main-main, jangan sekali-sekali berani untuk melanggar hak cipta!

  1. Merugikan Pemilik Hak Cipta Secara Materiel dan Imateriel

Plagiarisme mampu menimbulkan kerugian pada si pemilik aslinya secara materiel dan imateriel. Dari segi materiel, hal ini mampu berdampak pada kesejahteraan ekonomi si pemilik apabila hak-hak yang dilanggar bersifat komersil seperti barang jualan, software, atau film. Sebab minat konsumen pada produk akan menurun secara drastis jika produk tersebut dibajak dan dipasarkan dengan harga yang jauh lebih murah. Sementara dari segi imateriel hal ini dapat merusak citra produk atau pemilik secara umum, dan berisiko meningkatan taraf penyalahgunaan produk.

  1. Risiko Phising Data-Data Pengguna

Khusus untuk kekayaan intektual dalam bentuk digital seperti film, program antivirus komputer, atau software, pelanggaran hak cipta secara langsung juga akan berdampak pada keamanan data-data Anda.

Hal ini terjadi karena biasanya program digital yang sudah dibajak sangat mudah untuk disusupi oleh berbagai jenis malware dan virus komputer yang berisiko mencuri data penting seperti nomor kartu kredit, konten surat elektronik, serta file pribadi. Dalam beberapa kasus, virus-virus ini juga dikenal mampu merusak dokumen-dokumen di dalam komputer.

  1. Menghasilkan Data Forgery yang Menyesatkan

Istilah data forgery di sini mengacu pada fabrikasi data palsu untuk menutupi tindakan plagiat di internet. Ini sangat berbahaya untuk para pengguna internet secara umum karena data forgery akan memunculkan informasi menyesatkan yang tidak jelas asal-muasal datanya. Selain itu, tindakan pelanggaran jenis ini juga sulit dideteksi karena pemakaian data yang tidak akurat seringkali dapat membingungkan berbagai perangkat lunak pembasmi plagiarisme.

  1. Merusak Kredibilitas Akademik

Dalam dunia akademik, tindakan pelanggaran hak cipta dalam bentuk plagiarisme karya tulis sangat dilarang. Tindakan ini akan berdampak langsung pada kredibiltas Anda sebagai seorang civitas akademica serta merugikan institusi atau kampus Anda secara umum. Angka plagiarisme bahkan bisa menurunkan tingkat akreditasi lembaga pendidikan. Oleh karena itu jangan sekali-kali menganggap remeh hal ini.

Saat ini undang-undang plagiarisme membatasi pencatutan karya orang lain sebanyak 10% dari total tulisan yang Anda buat. Untuk mengecek persentasi ini, Anda dapat menggunakan perangkat plagiarism checker yang tersedia di internet.

Demikianlah beberapa dampak dari pelanggaran hak cipta yang harus Anda perhatikan. Ingatlah bahwa menghasilkan suatu karya orisinal akan memberikan kepuasan yang lebih hakiki daripada sekadar menjiplak atau membajak hasil karya orang lain yang sudah dibuat dengan susah payah.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dalam Mengenai Hak Cipta Di Indonesia

 

BP LAWYERS DAPAT MEMBANTU ANDA
KAMI DAPAT MEMBANTU ANDA DALAM MEMBERIKAN SOLUSI TERBAIK DALAM MERANCANG DAN MENYIAPKAN SELURUH KEBUTUHAN TERKAIT  PENYELESAIAN SENGKETA MEREK MELALUI FORUM ARBITRASE BAIK DI BADAN ARBITRASE NASIONAL INDONESIA ATAU LEMBAGA ARBITRASE LAINNYA. ANDA DAPAT MENGHUBUNGI KAMI MELALUI:
E : ASK@BPLAWYERS.CO.ID 
H : +6221-8067-4920

 

bplawyers

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*